Cita Rasa Daging Ayam Dalam Jamur

Tuesday, March 10th, 2015 - Uncategorized

Pernahkah Anda melihat atau merasakan makanan ini? Jamur Paha Ayam atau Copprinus Commatus. Dinamakan sebagai jamur paha ayam karena bentuknya yang memang mirip seperti bagian paha bawah ayam goreng. Tidak hanya itu, cita rasanya pun boleh dikatakan sangat ‘mirip’ dengan daging ayam sungguhan.

Jenis jamur yang satu ini mungkin belum banyak ditemukan di pasaran, karena petani atau pembudidaya jamur yang membudidayakannya juga terhitung masih sedikit. Di hutan pun seringkali dibiarkan tumbuh secara lair pada tanah yang kandungan bahan organiknya tinggi.  Nilai gizi yang dimiliki oleh jamur yang tumbuh di dataran tinggi ini bisa dibilang sangat lengkap. Dalam 100 gram jamur paha ayam, terdapat kandungan gizi berupa protein dan 14 jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Coprinus Comatus

Selain beberapa keunggulan nilai gizi yang dimilikinya, ternyata prospek membudidayakan jamur ini juga sangat mudah. Jika lazimnya jamur lain ,seperti jenis merang atau tiram memerlukan media tumbuh berupa baglog dan fasilitas lainnya, berbeda halnya dengan jamur paha ayam. Jamur ini sangat mudah tumbuh, bahkan di lingkungan terbuka tanpa memerlukan kumbung atau rumah

Cita Rasa Daging Ayam Dalam Jamur | majalahpertanian | 4.5